Oleh: ayobali | 27/05/2017

Wanita ikat rambut masuk pura Tirta Empul

Anda harus tau sebelum ke Bali , kenapa sebelaum masuk di Pura Tirta Empul pengunjung wanita di wajibkan untuk mengikat rambutnya agar tidak tergerai ?

Pasti jawaban biar parawanita kelihatan lebih cantik dan rapi !!!! , Yup itu jawaban benar tetapi kalau di lihat secara fisik penting buat penampilan biar rapi aja ,tetapi sebenarnya ada  makna ikat Rambut secara ritualnya , mau tau kan ? Setelah bertanya tanya dan membaca beberapa artikel dari senior saya sedikit paham , tapi paham nya diambil garis besarnya saja karena kalau di ceritakan secara sejarah dewa di agama Hindu ini ada kaitannya dengan cerita sifat  Dewi Durga yang bisa berwujud kala.

Intinya sih begini :
Wanita dengan rambut tergerai, dalam masyarakat Hindu, dipandang sebagai simbol kemarahan, kebencian, dan dendam. Inilah sebab mengapa seorang wanita yang berkunjung ke pura tidak diperkenankan untuk menggerai rambutnya. Siapa pun yang datang ke rumah Tuhan hendaknya berada dalam ketenangan dan kesucian. Bukan dengan dendam apalagi kemarahan, karena kemarahan seorang wanita itu  kadang sampai tak terkatakan.

Pura Tirta Empul

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: