Oleh: ayobali | 23/02/2017

Mendaki Gunung Rinjani Lombok

Mendaki Gunung Rinjani Lombok

Mendaki gunung Rinjani Lombok menjadi impian bagi semua pecinta alam dan para aktivis lingkungan. Mengapa demikian? Sebab, gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah gunung Kerinci. Jadi, dapat dikatakan tidak afdol seseorang dikatakan sebagai pecinta alam sejati bila belum pernah merasakan sensasi mendaki gunung Rinjani yang ada di Lombok. Bagaimana dengan anda? Apakah anda termasuk yang sudah mendaki gunung Rinjani? Atau baru mengaku saja menjadi pecinta alam, padahal belum pernah sama sekali menginjakkan kaki disalah satu gunung berapi tercantik di Indonesia itu.

Bila anda belum mencobanya, maka mendaki gunung Rinjani layak untuk anda masukan dalam agenda pendakian utama. Sebab, dengan ketinggian gunung yang mencapai 3.726 mdpl, gunung Rinjani tidak hanya dicintai oleh para pendaki gunung dalam negeri saja, melainkan juga telah menjadi destinansi utama para pendaki kelas Internasional. Mereka pun tertantang dan tergerak untuk menaklukkan sekaligus menikmaki keelokan gunung Rinjani yang legendaris itu.

Status gunung Rinjai termasuk dalam kategori gunung berapi yang aktif. Namun demikian, ternyata fakta tersebut tidak membuat semua pendaki dari seluruh dunia menjadi ciut nyalinya. Tetapi justru sebaliknya, keaktifan Rinjani menjadi tantangan tersendiri bagi mereka untuk dapat menaklukan ketangguhan gunung tersebut. Rinjani memberikan semangat kepada para pendaki untuk mau menjelajahi semua track terjal yang menghiasinya. Kondisi apapun yang ada di gunung Rinjai bukan persoalan bagi pecinta alam sejati, karena justru tantangan terbesar adalah ada pada diri mereka sendiri. Sejauh mana para pendaki ini mampu mengendalikan emosional mereka, mampu mengontrol semangat juang mereka, mampu mengeluarkan rasa syukur mereka kepada Sang Pencipta. Karena itulah hakikat utama dalam pendakian. Buat anda pecinta alam, tentu setuju dengan pernyataan itu, betul? Pertanyaan selanjutnya, apakah anda juga tertarik untuk menikmati keindahan gunung Rinjani? Apakah anda siap menerima tantangan untuk mendaki gunung Rinjani hingga mencapai puncaknya?

Apabila anda benar-benar tertarik untuk mendaki gunung Rinjani di Lombok, maka,sebelum melakukannya, alangkah lebih baik bila anda mengetahui terlebih dahulu informasi pendahuluan mengenai sosok gunung Rinjani yang akan anda nikmati keeksotisannya nanti. Sehingga, paling tidak, bagi anda yang belum pernah mengetahuinya sama sekali menjadi ada sedikit gambaran tentang kondisi di gunung Rinjani. Mulai dari letaknya hingga jalur pendakian yang bisa anda lalui nantinya. Untuk itu, silahkan simak sampai selesai sajian info mengenai sang gunung Rinjani tersebut dibawah ini.

Dimanakah Letak Gunung Rinjani dan Bagaimana Cara Menemukannya?

Posisi gunung Rinjani tepatnya ada di pulau Lombok, provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bila dilihat dari sisi administratif, gunung Rinjani terdapat dalam tiga wilayah kabupaten yang ada di NTB, yaitu Kabupaten Lombok Barat, Lombong Tengah, dan Lombok Timur.

Bagaimana menurut anda? Sudah cukupkah info tersebut? Tentu saja informasi mengenai letak gunung Rinjani seperti itu masih terlalu umum bagi anda, betul? Tetapi tenang saja, untuk bisa menemukan posisi gunung Rinjani dengan lebih spesifik lagi, ada beberapa cara yang akan kami bagikan kepada anda. Sehingga anda tidak akan terlalu kebingungan dalam menemukannya,apalagi bagi anda yang termasuk baru untuk mendaki ke gunung Rinjani Lombok.

1. Cari Informasi Lewat Teman Atau Kerabat Dekat.

Ini cara pertama yang bisa anda lakukan. Mungkin ada teman atau kerabat dekat anda yang sudah pernah mendaki gunung Rinjani? Nah, cari informasi lengkapnya kepada mereka. Ajukan beberapa pertanyaan yang memang masih menjadi ganjalan dalam benak anda mengenai lokasi atau cara mendaki ke gunung Rinjani. Biasanya mereka yang sudah pernah melakukan pendakian ke Rinjani akan mengetahui beberapa info penting,misalnya tentang jalan terdekat dan kendaraan apa yang harus anda naiki menuju kesana. Silahkan anda cari dalam list pertemanan dan kekerabatan anda, siapa saja yang pernah mendaki gunung Rinjani di Lombok. Setelah itu, ajukan pertanyaan-pertanyaan yang menurut anda dibutuhkan penting sekali informasinya. Bila ternyata teman atau kerabat anda belum ada sama sekali yang pernah naik gunung Rinjani, maka anda coba cara kedua berikut ini.

2. Mencari Info di Grup, Komunitas atau Forum Pendaki Gunung yang ada di media sosial.

Cara berikutnya adalah dengan mengetahui letak gunung Rinjani dan tips praktismenuju kesana lewat media sosial. Misalnya cari komunitas, group atau forum yang ada di facebook. Tentu saja yang berkaitan dengan pendaki gunung. Atau bisa lebih spesifik pendaki atau pecinta gunung Rinjani.Selain di facebook, anda juga bisa mencarinya di Instagram dan media sosial lainnya. Biasanya relatif banyak sekali komunitas-komunitas seperti itu. Bisa juga anda menggunakan kata kunci “backpacker” saat akan mencari informasinya lewat media sosial atau lewat mesin pencari seperti google. Atau bila memiliki akun media sosial, anda tinggal membuat postingan berupa pertanyaan seputar pendakian gunung Rinjani. Biasanya akan banyak yang merespon dan memberikan beberapa rekomendasi. Selamat mencoba !

3. Mengetahui Posisi Gunung Rinjani dengan Aplikasi Google Maps atau GPS.

Nah, ini buat anda yang ingin praktis saat ini juga. Betul sekali, anda bisa menggunakan aplikasi Google Maps atau GPS untuk dapat mengetahui posisi gunung Rinjani. Dalam era smartphone seperti saat ini, dengan modal Android dan kuota internet, selama masih ada sinyal, anda bisa mengetahui letak gunung Rinjani. Posisi itulah yang akan menjadi titik tujuan anda karena titik itu adalah titik impian bagi para pendaki sejati. Salah satu kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak bisa memberitahukan kepada anda jenis kendaraan apa saja yang harus anda naiki untuk menuju titik awalpendakian. Untuk itu, solusi paling tepat dari semua kendala tersebut adalah dengan mendaftarkan diri lewat biro tour travel lokal yang melayani rute atau paket mendaki gunung Rinjani di Lombok.

4. Mendaftar ke Biro Tour Travel Lokal yang Melayani Paket Mendaki Gunung Rinjani.

Dari semua cara untuk bisa sampai ke gunung Rinjani yang sudah disampaikan diatas tadi, sepertinya cara ini yang paling efektif. Karena anda bisa langsung bertanya kepada ahlinya. Bahkan anda bisa langsung berangkat bersama mereka ketika persiapannya sudah anda lakukan.

Ayo Bali Wisata siap melayani anda selama melakukan aktivitas mendaki gunung Rinjani Lombok. Langsung saja hubungi tim marketing kami untuk mengetahui lebih lanjut mengenai paket Mendaki Gunung Rinjani Lombok tersebut. Setelah itu, nikmati saja perjalanan hidup anda di salah satu gunung tercantik di Indonesia itu, Rinjani. Penuhilah Syarat-Syarat Untuk Mendaki Gunung Rinjani di Lombok

Untuk melakukan pendakian di gunung Rinjani, anda tidak bisa sembaranganlangsung naik ke puncaknya. Namun ada beberapa prosedur atau persyaratan yang harus dipenuhi oleh siapapun yang berniat untuk mendaki. Apa saja persayaratan tersebut? Catat baik-baik dalam buku agenda anda :

  1. Mengisi buku tamu dengan data diri yang benar dan jelas.
  2. Bagi pendaki yang umurnya dibawah 17 tahun, maka wajib untuk didamping oleh keluarga atau teman yang umurnya diatas 17 tahun
  3. Tidak disarankan melakukan pendakian gunung Rinjani seorang diri. Lebih baik dilakukan secara berkelompok.
  4. Setiap pendaki wajib memiliki tiket masuk ke taman nasional gunung Rinjani.

Semua persyaratan diatas harus anda penuhi demi kenyamanan, keamanan dan keselamatan semua pihak termasuk buat para pendaki itu sendiri. Siap untuk mendaki? Silahkan hubungi Ayo Bali Wisata. Jalur Pendakian Gunung Rinjani yang Bisa Anda Pilih Setelah persayaratan anda ketahui kemudian tentu saja dipenuhi semuanya, penting juga bagi anda mengetahui jalur-jalur pendakian yang biasa dipakai untuk menuju ke puncak Rinjani. Paling tidak, minimal ada dua jalur untuk mendaki gunung Rinjani yang bisa anda lalui.

1. Jalur Sembalun.

Jalur ini termasuk jalur favorit atau kesayangan bagi para pendaki untuk menuju puncak gunung Rinjani. Mengapa demikian? Karena medan dijalur Sembalun masuk dalam kategori tidak terlalu ekstrim. Selain itu, dijalur ini menyajikan pemandangan yang eksotis, layaknya pemandangan dalam film-film fantasi. Pintu masuk jalur ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. Anda akan melewati Pelawangan Sembalun terlebih dahulu da nada 3 pos yang dapat dijadikan tempat untuk istirahat dari pintu masuk tadi.

Berikut ini rute yang akan anda lewati :

Pintu masuk Sembalun – Pelawangan Sembalun. Sepanjang perjalanan ini, anda akan disuguhi dan ditemani oleh padang Savana bak di film Teletubbies. Kesabaran dan daya tahan tubuh anda akan mulai diuji dari sini. Karena cuaca terik matahari cukup menguras energi anda. Namun anda bisa tetap tersenyum bila menikmati keindahan panoramanya karena ditemani juga dengan kemegahan hutan hijau di sepanjang lembah-lembah, saat anda melihat ke arah timur. Serta keindahan Selat Alas dan pulau Sumbawa, bila anda melihat ke barat. Pemandangan yang mengagumkan. Anda diperkirakan akan tiba di Pelawangan Sembalun setelah menempuh jalan selama 11 jam. Dan akan berada pada ketinggian 2.700 mdpl, sekitar 1 km sebelum tiba di puncak Rinjani. Dan disarankan untuk mendirikan tenda saat tiba di pos 3 sebelum melakukan pendakian ke puncak. Keindahan bunga Edelweis dengan latar belakang danau Segara Anak akan menjadi penghibur kelelahan anda disepanjang perjalanan ini. Dijamin, pemandangan di sana bisa menghilangkan setiap kelelahan dari perjalananmu. Pelawangan Sembalun – Puncak gunung Rinjani. Saatnya anda meneruskan perjalanan menuju puncak Rinjani dari Pelawangan Sembalun. Dalam perjalanan kali ini, anda akan mulai menemukan kembali tantangan, karena tracknya berpasir. Track pasirnya mirip saat anda menuju puncak Mahameru, namun yang ini lebih menantang karena anda akan menemukan jurang di sebelah kanan dan kirinya. Perjalanan penuh tantangan ini akan terbayar lunas selama 2 jam kedepan, karena anda diperkirakan akan tiba dipuncak impian, puncak gunung Rinjani.

2. Jalur Senaru

Jalur ini adalah yang paling ramai. Mengapa? Karena jalur Senaru ini digunakan juga oleh masyarakat sekitar Rinjani. Penduduk pulau Bali juga sering menggunakan jalur ini untuk melakukan upacara adat maupun keagamaan yang biasa diadakan di danau Segara Anak dan di puncak gunung Rinjani. Jalur Senaru dihiasi oleh track dengan tipe bebatuan. Pintu masuk jalur ini terdapat di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Rute menuju puncak Rinjani dari jalur Senaru ini adalah sebagai berikut :

  • Pintu masuk
  • Pelawangan Senaru
  • Danau Segara Anak
  • Pelawangan Sembalun
  • Puncak gunung Rinjani
rute rinjani dari senaru

rute rinjani dari senaru

Total jarak tempuh yang akan anda lalui adalah sekitar 16 sampai 22 jam perjalanan. Bila menggunakan jalur Senaru, maka anda akan melewati danau Segara Anak terlebih dahulu sebelum menuju puncak. Daripintu masuk Jalur Senaru sampai ke Danau Segara Anak akan menempuh waktu 10 sampai 12 jam perjalanan. Disekitar danau indah ini anda bisa mendirikan tenda untuk istirahat sebelum menuju Pelawangan Sembalun dan puncak Rinjani. Puncak Gunung Rinjani. Aneka rasa dan pengalaman selama dalam perjalanan sebelum ke puncak akan terbayarkan lunas saat anda tiba di puncak gunung Rinjani. Semua kelelahan seolah hilang oleh semua kebahagian dan keindahan pemandangan di puncak gunung Rinjani. Anda dapat melihat gunung Agung di Bali, gunung Raung di Banyuwangi, dan gunung Tambora di Sumbawa dari puncak Rinjani. Dan tentu saja pemandangan indah yang disajikan pulau Lombok juga akan anda nikmati keelokannya.

Wahai sahabat pendaki adakah yang lebih indah dari puncak gunung Rinjani saat anda tiba dipuncaknya?

danau segara anak rinjani
Selamat menikmati kebahagiaan tiada tara saat anda dipuncak sebagai hasil dari mendaki gunung Rinjani.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: