Oleh: ayobali | 31/01/2016

Kota Ampenan Lombok

Kota Ampenan Lombok adalah kota tua yang ada di Mataram Lombok , Nusa Tenggara Barat. Kota Ampenan dulu merupakan kota Pelabuhan yang di bangun oleh Belanda di tahun 1948-1950 , pada masa itu Ampenan menjadi kota pusat perdangangan di Nusa Tenggara Barat. Namun sekitar tanun 1970 pelabuhan Ampenan di tutup dan pelabuhan di Lombok di alihkan ke pelabuhan Lembar di karenakan pelabuhan di Ampenan tidak memungkinkan untuk bersandarnya kapal karena kuatnya arus selat Lombok , dan bekti keberadaan pelabuhan di Ampenan ini boleh di bilang hampir hilang karena yang tersisa hanya puing puing pelabuhan yang lambat laun keropos oleh air laut .

Puing puing Pelabuhan

Puing puing Pelabuhan

Pantai Ampenan

Pantai Ampenan

Yang Membuat kota Ampenan ini adalah bangunan banguanan tua peninggalan kolinial Belanda ini masih berdiri / masih utuh tetapi bangunan tua tersebut hanya berubah punggsi menjadi toko/ ruko , yang di huni oleh masyarakat Tionhoa/ etnis cina . Yang menambah uniknya kota tua Ampenan ini adalah penduduknya di huni oleh banyak eknis yang hidup saling berdampingan seperti Kampung Bali, Kampung Bugis, Kampung Arab, Kampung Melayu, dan Kampung Tionhua dan mereka semua bisa hidaup rukun bersampinga ,tentunya kita bisa prediksi  kenapa bisa begitu banyak eknis yang tinggal di kota Ampenan ini di karenakan Ampenan merupakan pusat perdaganagan/ bisnis terbesar di NTB.

Bangunan tua tak terawat

Bangunan tua tak terawat

Pusat Kota Ampenan

Pusat Kota Ampenan

Kota Ampenan

Kota Ampenan

Bukti kota Ampenan sebagai tempat tinggal beberapa etnis yang saya sebutkan di atas adalah adanya beberapa Pura, Klenteng, Masjid , serta keberadaan kuburan Cina , jadi Kota Ampenan ini sudah sewajarnya menjadi obyek wisata sejarah yang wajib kita kunjungi , untuk menuju kota Ampenan sangatlah gampang di karenakan kita pasti melauinya ketika dari Airport atau dari kota mataram hendak menuju Obyek wisata senggigi.

Kalau anda membutuhkan transportasi , sewa mobil di Lombok bisa hubungi kami di nomor telepon/ sms / WhatsApp 088 1681 7697


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: