Oleh: ayobali | 28/01/2016

Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali

Ayo kita mengenal lebih dekat salah satu pulau yang ada di Bali yaitu Nusa Penida

Mengenal sejarah Nusa Penida

Pulau Nusa Penida adalah bagian dari kabupaten di Bali di bawah Kabupaten Klungkung dan berada di luar pulau utama Bali yang memiliki sejarahnya tersendiri.

Nusa Penida dahulu menjadi tempat di mana tahanan dinasti Gelgel dari Bali ditahan dan di penjara di awal abad 18 di bawah penguasaan Majapahit. Dinasti Gelgel adalah salah satu dinasti dari Kerajaan di Bali yang pernah menguasai Pulau Lombok. Sebelum Majapahit datang ke Bali, dinasti Gelgel adalah yang menaklukkan Nusa Penida dengan membunuh raja terakhir (Dalem Nusa) di kerajaan Nusa Penida seperti yang tercantum dalam Babad (sejarah, kisah, kumpulan silsilah) Blahbatuh. Periode kerajaan di Nusa Penida berakhir setelah itu.

Babad terebut mengatakan bahwa itu terjadi di bawah pemerintahan raja terakhir dari Gelgel, Dimade pada paruh kedua abad ke-17. Sejak saat itu, Nusa Penida diperintah oleh Bali. . Semua cerita sejarah mengacu pada akhir masa pemerintahan Dalem terakhir dari Nusa Penida – disebut Dalem Nusa atau Dalem Bungkut , yang mana se masa hidupnya adalah seorang raja dunia nyata. Setelah kematiannya, ia menjadi penguasa ditakuti dunia lainnya. Dalam perannya ini, ia sering disebut Ratu Gede Mecaling Mas.

Statistik Nusa Penida

Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali

Total Area
Total luas area Nusa Penida termasuk Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan adalah 202.840 hectars. Secara administratif, terdiri dari 16 desa dan 79 banjar (komunitas sosial). Total populasi adalah 47.448 orang.
Air dan Listrik
Nusa Penida adalah pulau yang kering, dan sulit untuk mendapat pasokan air minum. Mereka mendapatkan air minum dengan cara mengumpulkan air hujan dan adanya sedikit pasokan dari PDAM setempat. 81,68 % penduduk menggunakan listrik dan sisanya 18,32% menggunakan kerosine

Agama
Sebagian besar penduduk beragama Hindu, lalu Islam, Katholik dan Protestant

 

Cara untuk bisa menuju ke Nusa Penida

Melaui Pantai Sanur Denpasar

Cara pergi ke Pulau Nusa Penida dari Bali, cara termudah dan termurah,jika Anda pergi dari ibukota, Denpasar adalah dengan pergi ke pantaiSanur dan menggunakan perahu publik tradisional yang disebut ‘jukung’.Anda akan dikenakan biaya maksimum sekitar Rp. 40.000 dan akan memakan waktu sekitar 90 menit untuk mencapai Nusa Penida.

Ada pilihan lain yang dapat Anda lakukan jika Anda pergi dari Sanur. Anda dapat menggunakan speed boat yang jauh lebih mahal daripada jukung (bisa Rp 50.000 lebih mahal) tapi juga jauh lebih cepat (50 menit).

Melalui Pelabuhan Padang Bai Karngasam

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan mobil / sepeda motor sendiri ke Nusa Penida , Anda bisa pergi ke pelabuhan Padang Bay (di bagian timur Bali, 2 jam perjalanan dari Denpasar) untuk mengambil kapal feri (Kapal Ro-Ro dan kapal Re-Re), kapal ferry padang bai ke Nusa Penida hanya memiliky 1 kali penyeberangan ,jadi sekejul perjalanan harus terorganisir , Jadwal kapal Ferry dari padang bai ke Nusa Penida berangkat jam 10:00.
Kapal ini akan membawa Anda melintasi Selat Badung, dan perjalanan akan memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai ke Pulau Nusa Penida.

Melalui Pelabuhan pantai Kusamba Kelungkung

Pelabuhan di pantai Kusamba Klungkung, menggunakan perahu tradisional jenis sampan, dengan durasi perjalanan selama 1 jam dan sampan akan berlabuh di pelabuhan Toya Pakeh  (biaya sekitar Rp. 25.000).

Tempat Wisata di Nusa Penida yang wajib anda kunjungi

  • Pantai Crystal Bay

Pantai Crystal Bay ini terletak di Desa Sakti, tepatnya di banjar Penida. Panorama yang indah dengan pasir putih dan juga terdapat sebuah pulau kecil di tengahnya dan di diapit oleh dua bukit hijau

  • Pura dalam Pad

Pura Dalem Ped merupakan Pura yang terkenal di seluruh pelosok Bali, yang terletak di Desa Ped, Sampalan, Nusa Penida. Pura Dalem Ped disepakati sebagai Pura Kahyangan Jagat oleh masyarakat sekitar. Pura ini selalu dipadati oleh pemedek untuk memohon keselamatan, kesejahteraan, kerahayuan, dan ketenangan. pura Dalem Ped sangat terkenal sebagai salah satu objek wisata spiritual yang paling diminati.

Pura Dalam Ped

Pura Dalam Ped

  • Pasir Uug

Pasih Uug terlihat seperti Uluwatu, dengan tebing tinggi yang mengarah langsung ke laut lepas. Pasih Uug juga disebut sebagai “Pantai yang Patah”. Di Pasih Uug ini terdapat tebing dalam yang mengelilingi laut dan membuatnya seperti sebuah kolam raksasa. Lautnya bening, dan terkadanag wisatawan yang berkunjung dapat melihat ikan pari atau penyu yang berenang di lautan.

Pasih Uug

Pasih Uug

  • Mata air temeling

Mata Air Temeling terletak di Desa Batu Madeg. Untuk menjangkau tempat pengunjung harus berjalan kaki dan melewati hutan selama kurang lebih 1 jam. Menurut warga sekitar, mata air temeling terkenal dengan nama natural swimming Tembeling.

  • Anggel Billabong

Anggel Billabong terletak di sebelah timur Nusa Penida , anggel billabong merupan ujung/ muara  dari sebuah sungai yang berbatasan dengan laut , air nya yang jernih menyerupai sebuah kolam yang terlihat dasarnya .

Anggel Billabong

Anggel Billabong

  • Kelingking Secret Poin

Kelingking secret point berada di desa karangdawa Nusa Penida
Kelingking ini terletak di ujung barat pulau Nusa Penida dan memiliki keindahan yg menakjubkan , dan dari kelingkin poin kita bisa melihat sunset yang indah . Selain itu di bawah tebing ini adalah poin terkenal untuk diving yang bernama Manta point.

Kelingking Poin

Kelingking Poin

Lokasi Snorkling dan Diving di Nusa Penida

nusa penida yoya pakeh
Bagi Anda pecinta snorkling dan diving , Nusa Penida lah lokasi yang paling cocok , dan ini beberapa lokasi poin yang ada di Nusa Penida :

  1. Malibu Point
  2. Manta poin
  3. Penida bai
  4. Batu Meling
  5. Batu Abah
  6. Batu Lumbung
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: