Oleh: ayobali | 11/05/2013

Isi Cerita Tari Kecak di Uluwatu

Isi cerita Tari Kecak di Uluwatu Bali

Tulisan ini akan memaparkan isi / jalan cerita tari Kecak yang di pertunjukan di Uluwatu Bali.
Semoga tulisan ini bermampaat bagi anda yang akan berlibur di Pulau Bali dan anda memiliki rencana menyaksikan
Tari Kecak di Uluwatu, cerita tari kecak ini kami tulis sama persis isi berdasarkan brosur / katalog yang di berikan saat anda membeli tiket tari kecak diloket Uluwatu, isi cerita tari kecak tertulis tampa ada penambahan dan pengurangan sedikitpun.

Tari Kecak

Tari kecak adalah jenis tarian Bali yang paling unik, dan tidak di iringi dengan alat musik/ gamelan apapun, tetapi di iringi dengan panduan sekitar 70 orang pria. Tarian ini berasal tari sakral ( Sang Hyang ). Pada tari Sang Hyang seorang yang sedang kemasukan roh berkomunikasi dengan para Dewa atau leluhur yang sedang di sucikan. Dengan menggunakan si penari sebagai media penghubung para Dewa atau leluhur dapat menyampaikan sabdanya. Pada tahun 1930-an mulailah disisipkan cerita epos Ramayana ke dalam tarian tersebut.

Secara singkat cerita tari Kecak sebagai berikut :

Karena akal jahat Dewi Kakayi ( ibu tiri ) Sri Rama , putra mahkota yang syah dari kerajaan Ayodya di asingkan dari istana ayah andanya Sang Prabu Dasarata. Dengan di temani adik laki lakinya ( Laksamana ) serta istrinya ( Dewi Sinta ) yang setia, Sri Rama pergi ke hutan Dadanka. Pada saat mereka berada di hutan, mereka di ketahui oleh Prabu Dasamuka ( Rahwana ) seorang raja yang lalim, dan Rahwana terpikat oleh kecantikan Dewi Sita , ia lalu membuat upaya untuk menculik Sita, dan ia di bantu oleh patihnya Marica. Denga kesaktian raksasa Marica menjelma menjadi seekor kijang emas yang cantik dan lincah. Dengan demikian merekapun berhasil memisahkan Sita dan Rama dan Laksamana. Rahwana lalu menggunakan kesempatan ini untuk menculik Dewi Sita dan membawanya kabur ke Alengka Pura. Denganmengdakan tipuan ini maka Rama dan Laksamana berusaha menolong Sita dari cekraman raja yang kejam itu, Atas bantuan bala tentara kera di bawah panglima Hanoman maka mereka berhasil mengalahkan bala raksasa Rahwana yang di pimpin oleh Meganada, oleh putranya sendiri. Akhirnya Rama berhasil merebut kembali istrinya dengan selamat.

Beberapa episode dari Epos itu di pergelarkan oleh :

Adegan I : Rama , Sita dan Kijang Emas

Rama, Sita dan Laksaman memasuku arean, lalu muncul kijas emas. Sita meminta Rama untuk menangkapnya, Rama meninggalkan Sita yang di jaga oleh Laksamana. Tiba tiba mendengar jeritan minta tolong.
Menurut Sita itu pasti Rama , lalu menyuruh Laksaman untuk membantunya . Pada saat itu Laksamana enggan untuk meninggalkan Sitam karean di ingat pesan kakanya untuk menjaga Sita, tetapi karena di  tuduh hendak mencari untung atas kematian Rama , Laksaman nail pitam dan pergi meninggalkan Sita seorang diri.

Adegan II : Sita , Rahwana, Bagawan dan Garuda

Rahwanamuncul mau menculik Sita ! namun tidak berhasil, tetapi dengan akal jahatnya Rahwana beruubah wujud menjadi Bahgawan ( orang tua )yang sedang kehausan dan meminta untuk mengambilkan air oleh Dewi Sita, setelah di bawaka air, lalu Sita di bawa lari oleh Bhagawan tersebut yang sebenarnya adalah Rahwana. Sita lalu menjerit minta tolong dan jeritan tersebut di dengar oleh Burung Garuda yang sedang terbang di angkasa, lalu Garuda menolong Sita , namun pertolongan tidak berhasil karena sayapnya putus di tebas oleh Rahwana , Sita pun di bawa kabur ke Alengka Pura oleh Rahwana.

Adegan III : Twalen , Rama, Truna Laksamana dan Hanoman

Dengan di temani abdinya Rama dan Laksamana yang sedang tersesat di hutan Ayodya Pura. Ingat dengan isrtinya yaitu Dewi Sita yang di bawa kabur oleh Rahwana ke Alengka Pura, Dengan bantuan Hanoman ( si kera putih ), Rama menyuruh Hanoman membaawa cincinnya ke Alengka Pura untuk di berikan Dewi Sita.

Adegan IV : Sita < Trijata dan Hanoman

Dengan di temani Trijata keponakan Rahwana, sita meratapi nasibnya di Taman Istana Alengka Hanoman ( si kera putih ) muncul, ia berkata bahwa ia adalah utusan Sang Rama dan iapun memperlihatkan  cincin Rama yang di bawanya. Sita lalu menyerahkan bunga untuk di serahkan kepada Rama denagan pesan bahwa agar Rama segera menyelamatkannya dan Hanomanpun langsung pergi menuju tetamanan Alengka  Pura , lalu mengobrak abrikmya sampai tak berbentuk, sehingga abdi Alengka Pura terkejut melihat keadaan yang sudah parah dan lansung menyuruh para Raksasa untuk mencari si pembuat onar tersebut, dan hanoman pun tertangkap lalu di ikat dan di bakar. Namun karena kesaktiannya Hanoma ( si kera putih ) akhirnya lolos dari maut.

Jadi penasaran bukan untuk menyaksikan pertunjukan tari kecak di Uluwatu Bali, pertunjukan nya di lakukan  setiap hari di dalam kawasan Pura Uluwatu, dan pertunjukan di mulai jam 18:00 bertepatan dengan terbenamnya matahari ( sunset ).

Kami juga menyediakan voucher tari kecak secara ONLINE dengan harga yang spesial :

Ayo Bali Transport menawarkan harga tiket tari kecak untuk anda dan keluarga ataupun rombongan grup dengan harga tiket tari kecak terbaik di Pura Uluwatu.

Jumlah Tiket Harga
3 sampai 5 Rp.85.000
6 sampai 15 Rp.80.000
16 dan seterusnya Rp.75.000

Syarat dan Ketentuan :

  • Untuk pemesanan pembelian tiket minimal 4 hari sebelum pertunjukan kecak dance.
  • Pembayaran full payment, melalui transfer di rekening Bank BCA: BANK CENTERAL ASIA ( BCA)KCU KUTA No rekening : 146-173-7795 Nama : I GEDE YOGI CAHYADHI
  • Setelah selesai membayar melalui transfer segera kabarkan ke kami, maka kami akan mengirim Voucer melalui Email.
  • Pemesanan tiket kecak dance minimal paling sedikit 3 tiket
  • Untuk imformasih lebih jelas silahkan hubungi kami di email ayobaliwisata@gmail.com
  • Telepon/sms 088-1681-7697
  • PIN BB 32105BF7
  • LINE ( LINE ID yogiayobali )
  • WhatsApp +6288 – 1681 – 7697
  • Harga tiket tari kecak uluwatu ini berlaku sampai tanggal 31 desember 2014

 

kecak dance uluwatu

Tari Kecak di Uluwatu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: