Oleh: ayobali | 06/02/2013

Bajra Sandhi Bali

Tak kenal maka tak sayang
Tak lihat maka tak tahu

( kalau anda tidak kenal saya?  bagaimana mau di sayang dan kalau   belum pernah datang ke Bali ? bagaimana bisa tau muka saya yang asli )

MAAF INI CUMA BECANDA, Sebenarnya saya hanya ingin bercerita sedikit tentang pengalaman saya mengenai dua kalimat di atas “Tak Kenal dan Tak Lihat”

Ini berkaitan dengan cerita monumen perjuangan rakyat Bali yang lebih di kenal Bajra Sandhi monument yang berada di Denpasar Bali. 

  •  Bagi anda yang  tinggal di Bali tidak  mengenal / tidak pernah  tau adanya monumen Bajra Sandhi, anda masuk dalam katagori orang kurang informasi.
  • Bagi anda yang tinggal di Bali sudah tau mengenai monumen Bajra sandhi tapi tidak tau arti dari monumen ini , anda masuk dalam katagori orang kurang belajar.
  • Bagi anda yang tinggal di Bali Sudah pernah dengar dan mengerti arti dari monumen Bajra sandhi  tetapi anda tidak tahu lokasi keberadaan Bajra Sandhi , anda masuk dalam katagori orang yang kurang jalan-jalan.
  • Bagi anda yang tinggal di Bali sudah tau informasi Bajra sandhi, tau makna dan artinya , serta tahu lokasi Bajra Sandhi tapi tidak pernah masuk ke dalam monumen Bajra Sandhi. anda masuk dalam katagori orang yang tidak cinta sejarah dan hasil karya anak bangsa sendiri.

Yang menjadi Pertanyaan dan menjadi masalah besar adalah saya orang Yang tinggal di Bali . sudah tau banyak tentang Bajra sandhi monument , dan sudah sering menjelaskan obyek wisata ini ke tamu dan sudah banyak kali mengantar tamu untuk mengunjungi lokasi Bajra Sandhi tetapi baru kali ini saya ikut masuk ke dalam monumen Bajra Sandhi,( sebelumnya selalu menunggu di parkiran mobil….he…he…he… ) ,  kalau orang seperti saya ini masuk dalam katagori orang apa YA ??????

Hasil dari pengalaman mengunjungi dalam monumen Bajra sandhi Bali, saya sangat mengagumi dan benar benar jatuh hati , bagi anda yang narsis ( maaf maksudnya suka poto poto  ) tempat ini memang pantas untuk di abadikan, saya menganggap monumen Bajra Sandhi adalah salah satu obyek wisata yang harus di kunjungi, karena selama ini saya perhatikan banyak wisatawan domestik yang tidak menasukan agenda perjalananya untuk mengunjungi Bajra Sandhi. Kata tak lihat maka tak tahu itu memang pantas saya dapatkan , dan tak kenal maka tak sayang memang kata yang cocok untuk saya dan monumen bajra Sandhi.

Mengenal lebih dekat Bajra Sandhi :

Bajra Sandhi merupakan Monumen Perjuangan Rakyat Bali untuk memberi hormat pada para pahlawan serta merupakan lambang persemaian pelestarian jiwa perjuangan rakyat Bali dari generasi ke generasi dan dari zaman ke zaman yang dapat memberi inovasi dan inspirasi dalam mengisi dan menjaga keajegan negara Kesatuan RI.

Lokasi monumen Bajra sandhi

Alamat: Jl. Puputan Niti Mandala, Renon, Bali, Indonesia

Lokasi monumen ini terletak di depan Kantor Gubernur Kepala Daerah Propinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Propinsi Bali Niti Mandala Renon persisnya di Lapangan Puputan Renon.

Penjelasan bangunan monumen Bajra sandhi

berbentuk segi empat bujur sangkar dengan penerapan konsepsi Tri Mandala :1. Sebagai Utama Mandala adalah pelataran/gedung yang paling ditengah2. Sebagai Madya Mandala adalah pelataran yang mengitari Utama Mandala3. Sebagai Nista Mandala adalah pelataran yang paling luar yang mengitari Madya Mandala Bangunan gedung monumen pada Utama Mandala tersusun menjadi 3 lantai :Utamaning Utama Mandala adalah lantai 3 yang berposisi paling atas berfungsi sebagai ruang ketenangan, tempat hening-hening menikmati suasana kejauhan disekeliling monumen.Madyaning Utama Mandala adalah lantai 2 berfungsi sebagai tempat diaroma yang berjumlah 33 unit. Lantai 2 (dua) ini sebagai tempat pajangan miniatur perjuangan rakyat Bali dari masa ke masa. Di bagian luar sekeliling ruangan ini terdapat serambi atau teras terbuka untuk menikmati suasana sekeliling.Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar Gedung Monumen, yang terdapat ruang informasi, ruang keperpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, gedung dan toilet. Ditengah-tengah ruangan terdapat telaga yang diberi nama sebagai Puser Tasik, delapan tiang agung dan juga tangga naik berbentuk tapak dara.

Tiket masuk obyek wisata  Bajra Sandhi ( harga untuk tamu domestik )

  • Dewasa       Rp.5000
  • Anak            Rp.2000
  • Mahasiswa Rp.2000
  • Pelajar         Rp.1000
  • Harga di tulis pada tgl.7 Februari 2013 , by Yogi Ayo Bali Transport
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: