Oleh: ayobali | 29/11/2012

Cafe di Jimbaran Tutup

Informasi penting bagi anda yang sudah datang berlibur ke Bali hari ini , apabila anda sudah menyusun jadwal perjalanan anda untuk tanggal 30 November 2012 ( hari ini )., dan berencana akan menikmati hidangan sea food di Kedonganan Jimbaran, sebaiknya di tunda dulu karena pada hari ini tgl 30 November 2012, semua restoran / cafe yang berada di pinggiran pantai kedonganan jimbaran harus di tutup, berhubung desa adat akan melakukan upacara Atmawedana.

Apasih yang di maksud dengan upacara Atmawedana sebetulnya saya sendiri kurang paham, tetapi mungkin sedikit gambaran yang akan saya ceritakan  mungkin maksud dari upacara itu sendiri akan di pahami,  upacara atmawedana ini sebenarnya puncak dari upacara Ngaben ( bakar mayat ) masal dan setelah itu di lanjutkan dengan upacara Ngayut ( pembuangan abu kedalam laut ) , Upacara ngayut ini di lakuka di pantai kedonganan pada tanggal 18 November 2012 silam , setelah 12 harinya ( hari ini tgl 30 N0vember ) barulah di lakukan upacara puncak  atmawadana . jadi kalau boleh di simpulkan atmawedana masih tergolong upacara ngaben .

Yang penting pesan saya tanggal 30 November 2012 semua jimbaran sea food retoran / cafe di tutup untuk satu hari itu saja.

NB: saya mohon maaf kalau ada kesalahn pemahaman tentang upacara atmawedana, kalau teman teman ada yang tau artinya silahkan berikan masukan ke kami. saya ucapkan terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: