Oleh: ayobali | 24/04/2012

Mendaki Gunung Agung Bali

Bagi anda pecinta mendaki Gunung, pastinya anda ingin mencoba untuk mencoba mendaki Gunung Agung yang berada di pulau Bali. Untuk mendaki Gunung Agung bisa di lakukan dengan tiga jalur pendakian yaitu melalui:
1. Pura Besakih,sisi selatan
2 Sangkan Kuasa,sisi tenggara  
3.Pura Pasar Agung.sisi utara
Kali ini saya akan menjelaskan pendakian melalui jalur Pura Pasar Agung.
Awal Perjalanan pendakian melalui parkiran pura Pasar Agung, dimulai dengan menaiki banyak anak tangga pura, waktu pendakian biasanya dimilai pulul 24 s/d 2 pagi karena target pendakian mengejar sunrise/ matahari terbit ,

gunung agung pendakian Gunung agung kali ini kita di dampingi oleh gaide karena di sarankan/ diharuskan menggunakan gaide yang sudah mengetahui jalur pendakian dan gaide yang sudah berpengalaman. Karena pendakian di lakukan malam hari kita harus ekstra hati hati, di tambah jalur pendakian yang kurang bersahabat di karenakan trek tanah yang licin, saat memasuki jalan berbatu harus lebih hati2 karena batu bercadas/ rucing serta terjalnya permukaan gunung.
Walaupun anda menggunakan jasa gaide, jaminan keselamatan tetap menjadi tanggung jawab sendiri, gaide /pemandu hanya membantu mengiring anda berjalan.

Sebelum mendaki biasanya gaide/ pemandu melakukan persembahyangan, memohon keselamatan saat pendakian nanti,  serta tak lupa memberikan arahan kepada semua pendaki tentang pantangan pantanga saat mendaki Gunung Agung , seperti :
Membawa makanan yang berungsur  daging sapi dan daging babi, serta kalung/ benda berharga dari bahan Emas. Karena Gunung Agung menjadi Gunung yang di sucikan oleh umat Hindu di Bali.
Membutuhkan waktu 3 atau 4 jam untuk Tiba di puncat Gunung Agung, tapi yang jadi masalah waktunya turun yang paling membutuhkan waktu lama, karena trek yang licin jangan sampai jatuh tergelincir dan  cadasnya batu batu , serta licinnya bagian jalan tanah yang seperti tanah liat.
Total pendakian naik turn  kira kira kurang lebih 12 jam perjalanan.  

mendaki gunung agung

saat menuruni gunung Agung

  

  • Apabila anda berminat mendaki Gunung Agung sebaiknya di musim kemarau: janga musim hujan.
  • Dilarangnya mendaki Gunung saat upacara besar di pura Pasar Agung, dan pura Besakih.
  • Bagi pendaki wanita yang lagi datang bulan dilarang mendaki.
  • Sebaiknya jangan membawa/nyetir mobils endiri saat menuju lokasi pendakian, di jamin kaki pegal pegal. Sehingga susahnya menginjak pedal GAS , rem, kopling mobil. (Peace/becanda /selamat mencoba).   
  • Jangan lupa bawa air minum yang cukup serta makanan
  • ongkos satu orang gaide biasanya kisaran 350 s/d 400 ribu rupiah ( harga domestik )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: