Oleh: ayobali | 09/03/2012

Jumlah Pura di Bali

Berdasarkan catatan Departemen Agama Provinsi Bali (hingga 2011), di Bali terdapat 4.356 buah pura kahyangan tiga di setiap wilayah Pulau Bali, 723 buah pura kahyangan jagat serta 923 buah pura swagina atau pura kawitan atau pura penyungsungan keluarga. Jadi di Bali Total terdapat 6.002 buah pura.

Pura yang jumlahnya ribuan di Bali dikategorikan menjadi beberapa kelompok, karena pada kenyataannya tidak semua pura merupakan tempat pemujaan untuk orang kebanyakan atau masyarakat umum, seperti misalnya pura tempat pemujaan roh leluhur atau keluarga yang berinisial tunggal kawitan atau sesungsungan.

Berdasarkan masyarakat penyungsungnya (yang merawat dan bersembahyang ke pura), pura-pura di Bali secara umum dikelompokkan menjadi empat bagian yakni :

1. Pura Kawitan adalah kahyangan atau pura tempat memuja roh leluhur yang berdasarkan asal muasal atau wit dalam satu garis keturunan secara genetik, misalnya Pura Panti, Dadya, Paibon.

2. Pura Swagina adalah pura yang dipuja oleh golongan yang terikat oleh suatu profesi yang sama dalam satu masa pencaharian seperti Pura Subak (petani), Pura Melanting (pedagang).

3. Pura Kahyangan Tiga adalah pura yang ada di setiap desa adat di Bali untuk memuja prabhawa Ida sang Hyang Widhi Wasa, misalnya Pura Desa, Pura Puseh, Pura Dalem.

4. Pura Kahyangan Jagat/umum adalah pura yang berstatus umum yang pemujanya adalah dari berbagai golongan misalnya Pura Purusada, Pura Dhalem Bangun Sakti, Pura Besakih, Pura Goa Lawah, Pura Uluwatu, Pura Pucak Mangu, Pura Bolo/Bahula, Pura Wayah Dalem Majapahit, dan lain lainnya. (litbang bbcom/berbagai sumber)

sumber:BeritaBali.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: