Oleh: ayobali | 06/07/2011

Hari raya Galungan

Hari ini umat Hindu di Bali dan se Indonesia merayakan Hari Raya Galungan, Hari raya Galungan yang merupakan hari raya besar bagi Umat Hindu diperingati setlap 210 hari berdasarkan perhitungan pawukon yakni jatuh pada hari Rabu pancawara Kliwon, wuku Dungulan. Peringatan hari raya dalam agama Hindu menggunakan perhitungan sebagai berikut : 

  1. Berdasar sasih, melihat peredaran bulan di langit jatuh setiap tahun seperti hari-hari raya Nyepi, Siwalatri bila dihitung kurang lebih setiap 365 hari.
  2. Berdasarkan pawukon, yang diperingati setiap 210 hari seperti hari raya Galungan, Kuningan, Pagerwesi dan Saraswati.

Hari Raya Galungan mempunyai makna memperingati kemenangan Dharma melawan Adharma, secara rohani manusia mengendalikan hawa nafsu yang sifatnya mengganggu ketentraman batin yang nantinya berekspresi dalam kegiatan sehari-hari baik secara individu maupun kelompok. Hawa nafsu dalam diri kita dikenal dengan nama Kalatiga yakni tiga macam kala secara hersama-sama dimulai sejak hari Minggu sehari sebelum perayaan Galungan, hari Senin dan berakhir hari Selasa (Penampahan Galungan). Yang dimaksud tiga kala yakni:

  1. Kala Amangkurat yakni nafsu yang selalu ingfn berkuasa, ingin menguasai segala keinginan secara batiniah dan nafsu ingin memerintah bila tidak terkendali tumbuh menjadi nafsu serakah untuk mempertahankan kekuasaan sekalipun menyimpang dati kebenaran.
  2. Kala Dungulan yang berarti segala nafsu untuk mengalahkan semua yang dikuasai oleh ternan kita atau orang lain;
  3. Kala Galungan yakni nafsu untuk menang dengan berbagai dalih dan cara yang tidak sesuai dengan norma maupun etika agama.

Hari Galungan juga merupakan hari Pewedalan Jagat/hari ulang tahunnya Jagat raya. Oleh karena itu umat Hindu dihari Galungan melaksanakan upacara, menghaturkan sesajen sesuai peruntukannya yang ditujukan sebagai ungkapan perasaan bakti, sujud, kagum dan bersyukur terhadap Jagatraya yang diciptakan oleh Tuhan, Kita pahami Jagatraya sebagai tempat untuk hidup, memberikan segala sumber penghidupan untuk itu dihari Galungan sangat baik melakukan dana punia baik berbentuk materiil, maupun berupa pengabdian/jasa. Karena dalam bentuk apapun dana punia itu diberikan yang tujuannya untuk kesejahteraan umat, ketenangan nilainya sangat tinggi bila diberikan secara tulus ikhlas.

Demikian sekilas tentang pengertian Hari Galungan di atas, saya sedikit akan menjelaskan lebih simpel dari hari Raya Galungan, hari Raya galungan di rayakan selama 3 hari , meliputi :

  1. Hari Penampahan Galungan (jatuh di hari Selasa ).Persiapan dan pembuatan penjor
  2. Hari Raya Galungan  ( hari Rabu ) Umat melakukan persembahyangan
  3. Hari Manis Galungan ( hari Kamis ) masyarakat merayakan kemenangan dengan mengunjungi tempat hiburan berupa tempat wisata yang berhubung dengan panorama / ke indahan alam.

Apa bila anda berlibur ke Bali dan pada saat itu bertepatan dengan datangnya hari raya Galungan, anda akan banyak melihat penjor yang di pasang di depan Rumah ataupun Kantor ( Penjor adalah sebuah batang bambu panjang yang di hiasi dengan pernak pernik yang ke semuanya memiliki arti dan makna ). Tentunya pada saat Hari Raya Galungan seperti ini wisata anda selama di Bali betul betul bisa merasakan bahwa Bali merupakan pulau Dewata.

Kami Ayo Bali Transport ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan bagi seluruh Umat Hindu di mana pun anda berada. kami Ayo Bali Transport sebagai penyedia jasa mobil transport di Bali, akan berusaha memberiksn mutu layanan terbaik dan akan mencoba memberikan harga sewa mobil murah di Bali.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: