Oleh: ayobali | 20/05/2013

Bali Art Festival 2013

Bali Art Festival atau lebih di kenal PKB ( pesta kesenian Bali ) tahun 2013 memasuki yang 35 kali, rencananya Bali art Festival ini akan di laksanakan pada tanggal 15 Juni 2013 sampai dengan 13 Juli 2013. Untuk jadwal acara / sekejul dari Bali Art Festival

Jadwal PKB ke 35

Tgl                                       Acara                                                        Lokasi

6月15日 20:00 Oratorium garapan  Ardha candra
6月16日 11:00 Arja Godogan  Angsoka
  17:00 Parade Ngelawang Ksirarnawa
6月17日 17:00 Semara Pagulingan Ayodya
  20:00 Parade Drama Gong Wantilan
  20:00 Gong kebyar Wanita Ardha candra
6月18日 11:00 Wayang Wong Angsoka
  11:00 Parade Joged Bumbung Ayodya
  14:00 Parade Pesantian Ratina Kanda
  20:00 Film Dokumenter Ksirarnawa
  20:00 Parade Arja Wantilan
  20:00 Gong kebyar Anak-anak Ardha candra
6月19日 11:00 Selonding Angsoka
  17:00 Semara Pagulingan Ayodya
  20:00 Lomba Wayang Kulit Ksirarnawa
  20:00 Parade Arja Wantilan
  20:00 Gong Gebyar dewasa Ardha candra
6月20日 11:00 Kes Ciri Khas Seakaa Angsoka

Jadwal PKB ke 35 tahun 2013 ini belum komplit , tunggu sampai info berikutnya dari Ayo Bali

Mengenal lebih dekat tentang Bali Art Festival

SEJARAH PESTA KESENIAN BALI (The is Story Bali Art Festival)

Pesta Kesenian Bali diselenggarakan sebagai upaya persembahan karya cipta seni terbaik masyarakat. Bilapun kini masyarakat berkeinginan memilih antara kesenian dan kerajinan, profan dan sekular, pesanan dan kreativitas murni masyarakat Bali, semua itu mereka kerjakan dengan semangat “persembahan “. Perbedaan itu tidak akan mengurangi hakekat berkesenian. Kegiatan berkesenian didasari oleh motivasi sebagai persembahan yang terbaik dan “spirit” dalam segala aktivitas masyarakat Bali.

Seni yang ditampilkan adalah persembahan dan karya cipta yang dihasilkan juga sebagai persembahan. Hal ini yang masih dijadikan. Persembahan seni dan karya cipta mengandung makna pembebasan yang iklas yang dalam ajaran Hindu sering disebut dengan yadnya. Yadnya yang dipersembahkan melalui seni dan karya cipta menjadikan hasil ciptaannya sebagai persembahan terbaik, maka sedapat mungkin seseorang seniman tidak akan mempersembahkan miliknya atau karyanya yang paling jelek atau seadanya, apalagi persembahan itu berupa seni dan karya cipta yang terlahir dari budi daya sebagai hulu cinta kasih dan peradaban rohani seni masyarakat.

Pesta Kesenian Bali merupakan media dan sarana untuk menggali dan melestarikan seni budaya serta meningkatkan kesejahteraan. Penggalian dan pelestarian seni budaya meliputi filosofi, nilai-nilai luhur dan universal, konsep-konsep dasar, warisan budaya baik benda atau bukan benda yang bernilai sejarah tinggi, ilmu pengetahuan dan seni sebagai representasi peradaban serta pengembangan kesenian melalui kreasi, inovasi, adaptasi budaya dengan harapan agar tetap hidup dan ajeg berjcelanjutan dalam konteks perubahan waktu dan jaman serta dalam lingkungan yang selalu berubah.

PELOPOR

Menampung hasil karya cipta, seni dan aspirasi berkesenian baik kesenian hasil rekonstruksi, seni hasil inovasi, atraksi kesenian serta apresiasi seni dan budaya masyarakat , maka Pemerintah Propinsi Bali, sejak tahun 1979, oleh Almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra menggagas dan memprakarsai suatu wadah pesta rakyat, yang sampai sekarang disebut ” Pesta Kesenian Bali ” (PKB), yang pertama kalinya di gelar.

Dasar Penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali adalah Peraturan Daerah Propinsi Bali Nomor 07 Tahun 1986 tentang” Pesta Kesenian Bali “. Pesta Kesenian Bali yang digelar pertama kali pada tahun 1979, berlangsung kurang lebih 2 bulan tepatnya dari tanggal 20 Juni 1979 sampai 23 Agustus 1979, dan setiap tahun telah memberikan kesempatan untuk menampilkan karya-karya seni terbaik, sebagai wahana pembinaan, pelestarian dan pengembangan seni budaya masyarakat.Pelestarian seni budaya dengan menampilkan keseniankesenian klasik yang sudah hampir punah dan terpendam di masyarakat.Melalui Pesta Kesenian Bali, memotivasi masyarakat untuk menggali, menemukan dan menampilkan kepada masyarakat pada pesta rakyat ini. Penyelenggaraan PKB dari tahun ketahun telah memberikan nuansa tersendiri bagi keajegan seni budaya Bali dengan menampilkan thema yang selalu berbeda-beda.Kiranya cara berkesenian masyarakat Bali yang dipersembahkan kedalam wadah Pests Kesenian Bali, setiap tahunnya juga berbeda-beda.

Sumber tulisan : Bali Culture Governmen

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: